0

Sejarah Kopi

Posted by Semut Ireng on 13:49

Sejarah Kopi Indonesia

Kopi di Indonesia memiliki sejarah panjang dan peran penting bagi pertumbuhan perekonomian bahkan budaya masyarakat di Indonesia. Letak geografis dan iklim Indonesia yang sangat baik untuk pertumbuhan dan produksi kopi (Jenis Arabika & Robusta) menjadikan Indonesia salah satu negara pengekspor kopi dunia saat ini. Kata “kopi” sendiri berasal dari bahasa Arab “qahwah” yang berarti kekuatan. Kata “qahwah” ini kemudian di adopsi oleh Bangsa Turki menjadi “kahveh” dan kemudian menjadi “koffie” dalam bahasa Belanda. Seiring dengan kehadiran Kolonial Belanda di Indonesia, kata ”koffie” tersebut lambat laun terserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi ”kopi”, akhirnya sampai saat ini orang Indonesia menyebutnya dengan “kopi”.
Sejarah kopi di Indonesia diduga berawal dari kisah para peziarah muslim yang kembali dari Timur Tengah membawa biji kopi ke India pada awal tahun 1600. Kemudian pada tahun 1696, seorang Gubernur Belanda di Malabar mengirimkan bibit Kopi Yemen atau Kopi Arabica tersebut kepada Gubernur Belanda di Batavia, namun bibit Arabika pertama yang dikirimkan tersebut gagal tumbuh akibat banjir hebat melanda Batavia. Kemudian pengiriman kedua dilakukan kembali pada tahun 1699. Benih Kopi Arabika  dari pengiriman kedua tersebut ternyata tumbuh subur, Dan akhirnya pada tahun 1711, exsport pertama dikirim dari Java ke Eropa oleh Perdagangan Timur India yang dikenal sebagai VOC (Verininging Oogst-Indies Company). Dalam jangka waktu 10 tahun eksport kopi Indonesia meningkat Hingga 60 Ton per tahun, namun VOC berhasil memonopoli perdagangan kopi Indonesia sejak tahun 1725 sampai 1780.


Manfaat Kopi Untuk Kesehatan


Kopi adalah sebuah minuman yang identik dengan warna hitam pekat. Salahsatu manfaat kopi yang banyak orang ketahui adalah sebagai obat anti kantuk dan teman bergadang disaat malam. Namun, apakah kalian tahu bahwa kopi memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan tubuh kita? Untuk itu silahkan simak ulasan tetang manfaat kopi untuk kesehatan tubuh dibawah ini:


Kopi
img src:blogspot.com
Pertama kopi dapat mengurangi resiko diabetes. 20 Studi yang dilakukan diseluruh dunia menunjukan kopi dapat mengurangi resiko diabetes tipe 2 hingga 50%. Para peneliti menduga ini disebabkan oleh kandungan asam klorogenik dalam kopi berperan memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan. Asam klorogenik juga merangsang pembentukan GLP-1 yang merupakan zat kimia yang meningkatkan insulin (hormon yang mengatur penyerapan gula ke dalam sel-sel). Zat lain dalam kopi yaitu trigonelin (pro vitamin B3) juga diduga membantu memperlambat penyerapan glukosa.

Kedua mengurangi melindungi hati dari Sirosis yaitu suatu kondisi di mana jaringan hati yang normal digantikan oleh jaringan parut (fibrosis) yang terbentuk melalui proses bertahap. Jaringan parut ini memengaruhi struktur normal dan regenerasi sel-sel hati. Sel-sel hati menjadi rusak dan mati sehingga hati secara bertahap kehilangan fungsinya. Kopi adalah salahsatu yang dapat mengurangi sirosis hati terutama sirosis yang disebabkan oleh kecanduan alkohol.

Ketiga adalah mencegah penyakit jantung dan stroke. Kopi ternyata tidak meningkatkan risiko jantung dan stroke. Sebaliknya, kopi justru sedikit mengurangi risiko stoke. Sebuah studi atas lebih dari 83.000 wanita berusia lebih dari 24 tahun menunjukkan mereka yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki risiko terkena stroke 19% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. Studi terhadap sejumlah pria di Finlandia menunjukkan hasil yang sama.

Keempat menjaga fungsi kognitif. Studi atas 4.197 wanita dan 2.820 pria di Perancis menunjukkan bahwa meminum setidaknya tiga cangkir kopi sehari dapat menghambat penurunan fungsi kognitif otak akibat penuaan hingga 33 persen pada wanita. Namun, manfaat yang sama tidak ditemukan pada pria. Hal ini mungkin karena wanita lebih peka terhadap kafein.

Kesimpulannya adalah minum kopi tidak menimbulkan penyakit untuk tubuh asalkan tetap dalam dosis yang teratur dan minum kopi akan lebih baik setelah makan karena minum kopi sebelum makan dapat menyebabkan rasa kenyang dan susah makan.

Manfaat Kopi Untuk Kecantikan

 
Inilah 7 Manfaat Kopi Untuk Kecantikan. Bagi anda yang menginginkan kecantikan, terutama kaum hawa mungkin belum tahu tentang menfaat kopi untuk kecantikan. Tapi ternyata ada juga manfaat kopi untuk kecantikan tubuh. Tidak hanya diminum, kopi juga di gunakan untuk keperluan luar tubuh, seperti dioles dan sebagainya. Nah, sudah penasaran ingin tahu apa saja manfaat kopi untuk kecantikan tubuh, ini dia beberapa tips untuk anda.

 1. Manfaat kopi untuk Revitalisasi Kulit
Kulit kering akan dapat kita atasi dengan manfaat kopi sebagai pengelupas sel kulit mati dan merevitalisasi kulit tanpa membuatnya menjadi lebih kering. Salah satu manfaat kopi yaitu memiliki sifat anti penuaan yang dapat mencegah masalah kulit tersebut. Caranya adalah ambil 3 sendok teh kopi bubuk halus lembut dicampur dengan 1 sendok teh susu dan dibuat menjadi pasta. Ambil pasta tersebut dan oleskan ke wajah sebagai scrub. Pijatlah seluruh area wajah secara perlahan-lahan dalam gerakan melingkar kemudian biarkan pasta tersebut sampai mengering. Setelah pasta mengering bilaslah wajah anda dengan air dingin. Lalu keringkan wajah dengan handuk lembut dengan cara ditepuk-tepuk.
2. Manfaat kopi untuk masker
Kopi bubuk yang campur dengan coklat, susu bubuk dan molase untuk masker wajah akan membantu mengangkat dan mengencangkan kulit yang kendur. Membersihkan wajah dan tidak kurang sebagai krim anti biotik. Memang, selain kopi anda butuh bahan-bahan pendukung lainnya.
3. Manfaat kopi untuk mencegah kebotakan
Menurut penelitian ahli dapat disimpulkan bahwa kopi ternyata juga sangat bermanfaat untuk kulit kepala serta bagus untuk rambut. Antioksidan yang terkandung di dalam kopi bisa mencegah rambut mengalami kerontokan. International Journal of Dermatolog menunjukkan bahwa kandungan kafein pada kopi dapat merangsang pertumbuhan folikel kecil di kulit kepala pada pria yang mulai mengalami kerontokan rambut. Menurut para peneliti, dibutuhkan lotion topikal yang kaya kafein yang nantinya dioleskan pada kulit kepala untuk memblokir efek dari DHT yang buruk dan merusak. Karena pada umumnya masalah kebotakan pada pria adalah akibat karena folikel rambut terpapar oleh DHT terlalu banyak. Caranya campurkanlah 2 kuning telur, 1 sendok rum, dan 2 sendok air hangat, lalu tambahkan 1 sendok kopi bubuk dan minyak sayur, dan aduk hingga rata. Setelah rata oleskan masker tersebut ke rambut dan diamkan selama 5 menit dan bilas dengan air hangat.
4. Manfaat kopi untuk body message
Campurkan kopi dengan kakao butter atau mentega biasa, ini akan menjadi campuran pijat yang ideal dan asyik. Resep ini apabila diaplikasikan akan bagus pada kulit dan dapat menghaluskan kulit anda. Memelihara kulit anda, melembabkan dan mencegah keriput inilah salah satu manfaat kopi.
5. Manfaat kopi untuk Manicure Dan Pedicure
Ini dia manfaat kopi yang sering terlupa, atau bahkan jarang yang mengetahuinya. Bubuk kopi aromatik sangat mujarab dalam mengobati tumit retak dan siku yang hitam. Gosokkan pasta dan pijatlah selama beberapa menit akan menghapus kotoran yang ada di area tersebut dan membuat kulit menjadi halus.
6. Manfaat Kopi untuk Mencegah Kanker Kulit
Penelitian yang dilakukan di Universitas Rutgers di New Jersey Amerika Serikat memperkuat sebuah teori yang menunjukkan bahwa kafein merupakan penghalang dari kanker kulit karena dapat menghambat enzim protein dalam kulit atau sering disebut ART. Ilmuwan yang melakukan penelitian ini menemukan bahwa bubuk kopi yang oles langsung di kulit dapat menghalangi sinar UV yang memicu kanker kulit.
7. Manfaat Kopi Untuk Melangsingkan dan Menghaluskan tubuh
Pertama-tama sikat tubuh anda dengan menggunakan sebuah sikat khusus tubuh. Balurkan kopi yang ditumbuk kasar ke seluruh bagian tubuh dan gosok perlahan sebagai scrub. Di India, kebiasaan ini dipercaya dapat melangsingkan tubuh apabila kegiatan ini dilakukan secara teratur, karena kandungan kafein yang terdapat dalam kopi bisa menghancurkan sel lemak.
manfaat kopi

Bahaya Minum Kopi

Bahaya minum kopi, benarkah meminum secangkir kopi hangat bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan kita? Setiap apapun di dunia ini pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Begitu pula pada kopi, di samping banyak sekali manfaatnya seperti yang akan saya bahas pada artikel selanjutnya mengenai manfaat minum kopi. Di samping itu meminum kopi juga memiliki efek buruk jika konsumsinya terlalu berlebihan.
Bagi anda yang gemar meminum kopi hangat di pagi hari jangan terlalu khawatir akan bahaya yang ditimbulkan dari meminum kopi asalkan konsumsinya sewajarnya tidak berlebihan. Mungkin 1-2 cangkir sehari cukup. Intinya, konsumsi kopi dengan bijak.

Berikut adalah beberapa bahaya minum kopi :
1. Mengurangi kesuburan wanita
Kalau anda minum kopi terlalu banyak itu akan bisa menganggu kesuburan anda para wanita, terlebih jika dibarengi dengan konsumsi alkohol. Hal itu berdasarkan Reader’s Digest edisi Desember 1994 yang mengutip laporan penelitian yang di biayai The USA National Institute of Child Health and Human Development dan The US Institute on Drug Abuse, disebutkan bahwa seorang wanita yang mengonsumsi kafein sebesar 300 mg perharinya memiliki kesempatan hamil lebih rendah sebesar 27% dibanding mereka yang terbebas dari kafein.
2. Meningkatkan resiko penyakit jantung
Berdasarkan kepada journal of neurology, neurosurgry and psychiatry tahun 2002 disebutkan bahwa minum kopi 5 gelas perhari dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida yang dapat menyebabkan penyempitan lubang pembuluh darah akibat dari endapan lemak dan akhirnya berisiko menyebabkan serangan jantung dan stroke.
3. Berbahaya bagi penderita tekanan darah tinggi
Penderita hipertensi bisa dalam bahaya karena senyawa kafein yang terkandung di dalam kopi dapat menyebabkan tekanan darah meningkat dengan tajam.
4. Bisa menyebabkan keguguran pada wanita hamil dan gangguan pada bayi saat lahir
Berdasarkan penelitian Sven Cnattingius dari Karolinska Institute, Swedia, mengungkapkan bahwa seorang wanita yang mengonsumsi sebanyak 100 mg kafein setiap harinya akan lebih mudah mengalami keguguran.
Sedangkan berdasarkan Penelitian rumah sakit Christchurch, Selandia baru mengungkapkan bahwa wanita yang mengalami kecanduan terhadap kopi akan melahirkan bayi yang sulit bernafas saat dilahirkan, selain itu kandungan kafein juga membuat bayi lemah, mudah terserang infeksi, sehingga resiko kematian pada bayi bisa meningkat sebesar dua kali lipat.
5. Kafein bisa menyebabkan keropos tulang
Efek ini sebagian besar ditemukan pada wanita yang memasuki masa menopause dengan konsumsi kafein tinggi. Sebagian besar penelitian menemukan konsumsi kafein yang tidak berlebihan tidak mengakibatkan pengeroposan tulang.
6. Kafein bisa menyebabkan insomnia, mudah gugup,sakit kepala, merasa tegang dan cepat marah
7. Kebiasaan minum kopi panas-panas juga bisa menyebabkan resiko terkena kanker esofagus
8. Kopi dapat meningkatkan produksi asam lambung
JAdi, bagi penderita maag sebaiknya sebisa mungkin hindari mengonsumsi kopi.
9. dan lain-lain
Melihat begitu banyaknya bahaya minum kopi apakah berarti bahwa kita musti berhenti meminum kopi dari sekarang? Tidak, anda sama sekali tak perlu berhenti total kebiasaan mengonsumsi kopi karena kopi juga mempunyai manfaat yang tak kalah penting. Asalkan diminum secara bijak dan tidak berlebihan manfaatnya akan kita dapatkan. Batas wajar konsumsi kafein adalah 300 mg perhari atau setara dengan sekitar 3 cangkir kopi. Usahakan anda meminum kopi maksimal 3 cangkir perhari atau kalau bisa di bawahnya. Cara lain aman minum kopi adalah coba tambahkan susu rendah lemak. Dan jangan lupa cukupi kebutuhan minum air putih 8 gelas perhari untuk detoksifikasi dan mengencerkan darah. Baca juga artikel selanjutnya Manfaat Minum Kopi.

0 Comments

Post a Comment

Copyright © 2009 Welcome Friend's All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.